Selamat Datang di Blog Saya Semoga Bermanfaat Untuk Anda Semua

Etos Kerja dalam Islam

Posted by Unknown Jumat, 15 Februari 2013 0 komentar
            Etos kerja dapat diartikan sebagai pandangan bagaimana melakukan kegiatan yang bertujuan mendapatkan hasil atau mencapai kesuksesan. Dalam mencapai kesuksesan, Islam bukan hanya membenci orang yang malas dan menganggur, tetapi menghendaki umat islam untuk bekerja, bahkan bekerja keras. Umat islam harus mampu mandiri, mencukupi kebutuhan dengan usaha keras

            Rasul mendorong umat islam untuk bekerja dan bahkan menggolongkan orang yang bekerja secara giat dan tangkas dalam kategori fisabilillah, fisabilillah ialah orang yang berperang dalam jalan Allah, dan orang-orang yang berperang dalam jalan Allah adalah orang yang termasuk dalam surga.
            Berikut ini adalah tauladan dan pandangan atau etos kerja yang dilakukan oleh Rasulullah SAW yang patut kita tiru.
1           1.Bekerja sampai tuntas
          Untuk berhasil dalam bekerja, maka pekerjaan harus diselesaikan dengan baik dan tuntas.
2           2.Bekerja dengan ikhlas
          Islam memaknai tujuan bekerja tidak hanya duniawi tetapi juga dimensi jangka panjang yaitu kehidupan sesudah mati, dan harapan masuk surga.
3           3.Bekerja dengan jujur
          Bekerja dengan jujur dapat diartikan bekerja untuk mencapai tujuan dengan tidak berbohong, lurus hati, tidak berkhianat dan dapat dipercaya dalam ucapan maupun perbuatan.
4           4.Bekerja menggunakan teknologi
          Bekerja menggunakan teknologi dapat diartikan dalam melakukan pekerjaan menggunakan alat yang dikembangkan manusia untuk memenuhi segala macam kebutuhan hidupnya.
       5.Bekerja dengan kelompok
          Bekerja dengan kelompok dapat diartikan bahwa melakukan kegiatan dalam rangka mencapai tujuan bersama –sama dengan orang lain.
6           6.Bekerja keras
          Etos kerja bekerja keras dapat diartikan bekerja dengan penuh semangat atau penuh motivasi.
7           7.Bekerja sebagai bentuk pelayanan
          Bekerja sebagai bentuk pelayanan dapat diartikan kita bekerja sebagai bentuk usaha melayani orang lain. Bekerja sebagai bentuk pelayanan, yang pada saat ini dikenal dengan kepuasan konsumen sebenarnya sudah lama dan sudah dicontohkan oleh para nabi-nabi.


TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA ARTIKEL SAYA
Judul: Etos Kerja dalam Islam
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://blog-madesu.blogspot.com/2013/02/etos-kerja-dalam-islam.html. Terimakasih banyak

0 komentar:

Posting Komentar