Selamat Datang di Blog Saya Semoga Bermanfaat Untuk Anda Semua

SUMBER-SUMBER AJARAN DASAR AGAMA ISLAM

Posted by Unknown Rabu, 27 Februari 2013 0 komentar
Al-Qur’an merupakan kitab suci umat islam, dan menurut pendapat salah satu para ahli bahwa Al-Qur’an merupakan kitab suci yang didalamnya sudah dijelaskan mengenai system perekonomian, politik, sosial budaya, ilmu pengetahuan dll, sehingga tidak ada sesuatu yang terlupakan olehnya.



4.1. Al-Qur’an
            Secara etimologis, kata al-Qur’an mengandung arti bacaan yang dibaca. Lafadz al-Qur’an berbentuk “isim mashdar” dengan “isim maf’ul”. Lafadz al-Qur’an dengan arti bacaan dapat dilihat pada firman Allah yang artiinya :
“Janganlah, engkau menggerakan lidahmu untuk terburu-buru membacanya. Sesungguhnya menjadi tanggunganku mengumpulkan dan membacanya. Maka apabila kami membacanya, maka ikutilah pembacanya” (QS. Al-Qiyamah: 16-18).
            Seluruh umat Islam sepakat bahwa Islam yang disampaikan oleh Muhammad adalah agama yang sempurna, dan bahkan paling sempurna. Atas dasar ini kemudian ada sebagian pemikir islam yang berpendapat bahwa al-Qur’an telah menjelaskan segala-galanya, tak ada sesuatu apapun yang alpa darinya. Dengan kata lain, al-Qur’an merupakan kitab suci yang didalamnya sudah dijelaskan system perekonomian, poltik, sosio budaya, ilmu pengetahuan dan seterusnya, sehingga tidak ada suatu apapun yang terlupakan olehnya.

4.2. Posisi al-Qur’an dalam study keislaman

            Tak ada khilaf sedikitpun di kalangan umat islam, bahkan al-Qur’an adalah landasan pokok bagi syar’at islam darinya diambil segala pokok-pokok syariat dan cabang-cabangnya, dari padanya diambil dalil-dalil syar’i. Dengan demikian al-Qur’an adalah landasan kuly bagi syariat islam dan pengumpul segala hukumnya. Sebagaimana firman Allah yang artinya : “Tiadalah kami alpakan sedikitpun dalam al-Kitab”(QS. Al-An’am : 38)
            Dalam hal ini, al-Qur’an berarti mempunyai kedudukan tertinggi dalam berhujjah, dan mutlak bersifat pasti. Dengan demikian, al-Qur’an dalam kerangka urutan dalil-dalil hukum atau sumber ajaran Islam dalam menempati kedudukan paling tinggi.

4.3. Sunnah 

            Untuk menyebut apa yang berasal dari nabi Muhamad setidaknya ada dua istilah popular dikalangan masyarakat islam yakni al-sunnah dan al-hadith. Ditinjau dari sudut kebahasaan kata al-sunnah dan al-hadith memiliki arti yang berbeda. Al-hadith secara bahasa berarti al-jadid (baru), antonym dari kata al-qadim(lama).116 Sedangkan kata al-sunnah berarti al-thariqah (jalan), baik yang terpuji atau pun tercela.117 Pemaknaan al-sunnah seperti ini didasarkan kepada sabda nabi berikut:
Barangsiapa mengadakan atau membuat sunnah (jalan) yang terpuji (baik) maka baginya pahala sunnah itu dan pahala orang lain yang mengamalkannya hingga hari kiamat. Dan barangsiapa menciptakan sunnah yang buruk maka baginya dosa atas sunnah yang buruk itu dan menanggung dosa orang yang mengikutinya hingga hari kiamat”(Muttafag ‘alaih)

4.4. Ijtihad 

            Secara bahasa “ijtihad” berasal dari kata jahada.126 Terdapat redaksi cukup bervariasi yang disampaikan oleh para ulama menyangkut makna ijtihad secara bahasa. Diantaranya yang terkenal disampaikan oleh al-Fayumi, yaitu bahwa ijtihad adalah “badl wus’ih wa thaqatih fi  thalabih liyablugha majhuduh wa yashilu ilanihayatih” (pengerahan kesanggupan dan kekuatan dalam melakukan pencarian suatu upaya sampai kepada ujung yang ditujunya).127
                        Ijtihad itu sangat penting meskipun tidak bisa dilakukan oleh setiap orang, adapun kepentingannya disebabkan oleh :
1.      Jarak antara kita dengan masa tasyri’ semakin jauh. Jarak yang jauh ini memungkinkan terlupakannya beberapa nas. Khususnya dalam al-Sunah, yakni masuknya hadith-hadith palsu dan perubahan pemahaman terhadap nas.
2.      Syariat disampaikan dalam al-Qur’an dan al-Sunah secara komprehensif; memerlukan penelaahan dan pengkajian yang sungguh-sungguh.      
TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA ARTIKEL SAYA
Judul: SUMBER-SUMBER AJARAN DASAR AGAMA ISLAM
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://blog-madesu.blogspot.com/2013/02/sumber-sumber-ajaran-dasar-agama-islam.html. Terimakasih banyak

0 komentar:

Posting Komentar