Selamat Datang di Blog Saya Semoga Bermanfaat Untuk Anda Semua

Profil Legenda Sennin (Jiraiya Sensei)

Posted by Unknown Kamis, 21 Februari 2013 2 komentar







Jiraiya (自来也, Jiraiya)

*Nama Lain

 
- Pertapa Katak (蝦蟇仙人, Gama Sennin)
- Penyakit Gila Desa (里の狂気, Sato no Kyoki)
- Pertapa Mesum (エロ仙人, Ero-sennin; Indo TV "Pertapa Genit")

*Debut

- Manga: Chapter #90
- Anime: Naruto Episode #52
- Movie: Naruto Shippuden 2: Bonds
- Video Game: Naruto: Ultimate Ninja 2
- OVA: Finally a clash! Jonin vs. Genin!! Indiscriminate Grand Melee Tournament Meeting!!
- Muncul di Anime, Manga, Game dan Movie

*Pengisi Suara

- English:
¤ David Lodge
¤ Brad MacDonald (Kecil)
¤ Richard Cansino (Naruto: Ultimate Ninja)
¤ Wally Wingert (Naruto: Ultimate Ninja Heroes 2: The Phantom Fortress)
- Japanese:
¤ Hochu Otsuka
¤ Toru Nara (Kecil)

*Biodata

- Ulang Tahun: 11 November
- Kelamin: Pria
- Usia:
¤ Part I: 50-51
¤ Part II: 54 (Tewas)
- Tinggi: 191.2 cm
- Berat: 87.5 kg
- Gol. Darah: B
- Klasifikasi:
¤ Sannin
¤ Sennin
- Pekerjaan: Penulis
- Asal:
¤ Konohagakure
¤ Myobokuzan
- Team:
¤ Team Hiruzen
¤ Ame Orphans
¤ Team Jiraiya
- Ninja Registration: 002301
- Usia Lulus Akademi: 6
- Keluarga:
¤ Naruto Uzumaki (Anak Baptis)
- Elemen:
¤ Doton (Tanah)
¤ Katon (Api)

*Jutsu

- Kekkai: Tengai Hojin (Barrier: Pelindung untuk bertapa)
- Kekkai: Gama Hyoro (Barrier: Penjara Katak)
- Doton: Yomi Numa (Elemen Tanah: Rawa Dunia Bawah; Menciptakan Lumpur)
- Shikoku Fuin (Segel Jari Pengukir; Yg Digunakan Menggambar Punggung Fukasaku)
- Katon: Dai Endan (Elemen Api: Peluru Api Besar)
- Katon: Ryuka no Jutsu (Elemen Api: Teknik Naga Api)
- Katon: Endan (Elemen Api: Peluru Api)
- Katon: Gamayu Endan (Elemen Api: Semburan Minyak Katak yg Terbakar)
- Fuka Hoin (Penyegel Api)
- Gogyo Kaiin (Pembuka Segel Lima Elemen)
- Gamagakure no Jutsu (Teknik Bersembunyi Dalam Katak)
- Hari Jigoku (Jarum Neraka; Jarum Rambut) (Anime only)
- Hari Jizo (Pelindung Dari Rambut)
- Rasengan (Bola Spiral Chakra)
- Senpo: Goemon (Teknik Sennin: Api, Minyak, Angin)
- Senpo: Kebari Senbon (Teknik Sennin: Jarum-Jarum Rambut)
- Sennin Modo (Mode Pertapa)
- Kage Bunshin No Jutsu (Teknik Bunshin Bayangan)
- Kuchiyose no Jutsu: Katak
- Summoning: Crushing Toad Stomach (Pemanggil: Perut Katak Penghancur) (Anime only)
- Kuchiyose: Yatai Kuzushi no Jutsu (Teknik Pemanggil: Katak Penginjak)
- Kuchiyose: Gamaguchi Shibari (Pemanggil: Pengunci Mulut Katak)
- Kuchiyose: Gama Mise no Jutsu (Pemanggil: Teknik Toko Katak)
- Gamadaira — Kageayatsuri no Jutsu (Teknik Bersembunyi Dalam Bayangan)
- Gamayudan (Peluru Minyak Katak)
- Toton Jutsu (Teknik Transparan untuk Mengintip)
- Kaeru Kaeru no Jutsu (Teknik Merubah Jadi Katak)
- Tsuin Rasengan (Rasengan Kembar)
- Choodama Rasengan (Rasengan Super Besar)
- Ranjishigami no Jutsu (Teknik Rambut Singa Liar)

*Peralatan

- Chakra-Suppressing Seal (Segel Penekan Chakra)
- Hidden Kunai Mechanism (Mekanisme Kunai Tersembunyi) (Anime only)
- Ishiken (Pedang Batu)

Jiraiya (自来也, Jiraiya) adalah salah satu dari Sannin legendaris Konohagakure, bersama dengan Tsunade dan Orochimaru, yang dilatih oleh Hokage Ketiga. Dia memproklamirkan dirinya sebagai super mesum, dan ia merupakan penulis dari buku seri dewasa populer yg disebut Icha Icha. Ia juga dikenal sebagai Pertapa Katak (蝦蟇仙人, Gama Sennin), karena Kemampuan Memanggil Katak dan statusnya sebagai seorang Pertapa.

[Latar Belakang]


**ket gambar: Tim Hiruzen.

Saat kecil, Jiraiya dan mantan rekan satu timnya Orochimaru dan Tsunade, adalah murid Hokage Ketiga. Hubungan Jiraiya dengan timnya mirip sekali dgn Tim 7 di kedepannya, dan Jiraiya cukup mirip dengan Naruto. Setelah meninggalkan bimbingan Ketiga, ia berkeliling dunia.

Jiraiya akhirnya menemukan tempat tinggal para katak. Dalam anime ini terjadi ketika ia masih murid Hokage Ketiga; setelah melihat Hokage Ketiga melakukan Kuchiyose, Jiraiya mencoba menggunakannya sendiri. Karena ia tidak memiliki kontrak, Jiraiya terbalik dipanggil ke Gunung Myoboku, di mana Ogama Sennin membuat ramalan tentang Jiraiya: bahwa suatu hari ia akan memilih membuat muridnya menyelamatkan atau memusnahkan dunia. Selama waktunya dengan para katak, dia dilatih senjutsu.

Saat Perang Dunia Shinobi Kedua, Jiraiya dan mantan rekan satu timnya bertarung dgn Hanzo, pemimpin Amegakure. Hanzo sangat terkesan dgn mereka karena bisa bertahan hidup dalam pertarungan dengannya, ia lalu memberikan kepada mereka gelar "Trio Ninja Legendaris" Konoha (伝説の三忍, Densetsu no Sannin), dan setelah menerima gelar, hanzo membiarkan mereka hidup. Setelah pertempuran berakhir, Jiraiya dan rekan satu timnya bertemu tiga anak kecil yg yatim piatu dari Amegakure. Ketika Orochimaru menyarankan untuk membunuh mereka untuk menyelamatkan mereka dari kekejaman dunia, Jiraiya memutuskan untuk mengasuh mereka untuk sementara waktu dan mengajarkan mereka ninjutsu. Selama ia menghabiskan waktu dengan mereka, Jiraiya semakin dekat dengan tiga anak itu, dan bahkan menulis sebuah buku yang terinspirasi dari salah satu anak yaitu Nagato. Akhirnya, ia meninggalkan mereka sehingga mereka bisa mengejar tujuan mereka sendiri. Meskipun berita tentang eksploitasi mereka sampai kepadanya dari waktu ke waktu, ia mengira mereka tewas dalam sebuah insiden yang dirahasiakan.



**ket gambar: Jiraiya dan tim genin-nya.

Setelah menjadi Jonin dan mampu memimpin sebuah tim, Jiraiya menjadi guru dari Minato Namikaze dan dua genin lainnya yang tidak disebutkan namanya. Jiraiya kagum dgn bakat khusus Minato, dan menjadikan dia murid kesayangan, hingga ia mengajarkannya Teknik Kuchiyose Katak. Pada waktu tertentu, ia juga mengatakan kepada Minato tentang ramalan Ogama Sennin, jiraiya percaya bahwa Minato bisa menjadi Anak dalam Ramalan tersebut.

Kemudian, buku pertama Jiraiya, Kisah tentang Shinobi Pemberani, gagal menjadi best-seller. Minato, yg menjadi Hokage Keempat, berpikir buku itu sangat bagus, dan memuji Jiraiya, dgn mengatakan bahwa protagonis itu sangat mirip dengannya. Saat itulah Minato mengungkapkan bahwa ia dan Kushina Uzumaki, yang sedang hamil pada saat itu, ingin membuat anak mereka menjadi shinobi yang besar, seperti yang ada di buku, dan karena alasan itu mereka memutuskan untuk menamai anak mereka "Naruto". Jiraiya bercanda menunjukkan bahwa itu berarti itu membuatnya menjadi bapak baptis Naruto, dan bertanya apakah mereka yakin bahwa mereka akan menginginkan hal itu. Minato menjawab bahwa Jiraiya adalah contoh yang baik untuk mereka semua dan bahwa ia tidak bisa memikirkan shinobi lebih baik dari dia.

Bertahun-tahun kemudian, ketika Orochimaru mengkhianati Konoha dan meninggalkan desa, Jiraiya mengejarnya, mencoba meyakinkan temannya untuk datang kembali (mirip dengan usaha Naruto untuk membawa pulang Sasuke). Orochimaru menolak, dan menyerang Jiraiya. Sementara ia berusaha mencari alasan untuk pembelotan Orochimaru, Jiraiya akhirnya menyadari bahwa temannya tidak bisa kembali. Merasa bahwa dia bertanggung jawab atas Orochimaru yg melarikan diri, Jiraiya meninggalkan Konoha sehingga ia bisa mengikuti gerakan Orochimaru, serta "Akatsuki", sebuah organisasi yang Orochimaru ikuti. Dengan demikian, Jiraiya tidak dapat memenuhi keinginan Hokage Ketiga agar menjadi Hokage, ia merasa bahwa melacak Orochimaru lebih penting.

[Kepribadian]

Meskipun ia meninggalkan Konoha selama bertahun-tahun, Jiraiya masih setia terhadap desanya. Ketika Konoha membutuhkan Hokage baru setelah kematian Hokage Ketiga, Jiraiya mengajukan diri untuk mencari Tsunade agar dia bisa menjadi Hokage Kelima, setelah menolak posisi itu sendiri. Alasannya menolak posisi itu, antara lain karena, dia merasa tidak layak untuk menjadi hokage, karena ia telah gagal menyelamatkan Hokage sebelumnya dari kematian, serta dia harus melakukan "penelitian". Setelah ia menemukan Tsunade, dan mulai mencurigai bahwa ia mungkin membantu Orochimaru, ia menjelaskan bahwa ia akan membunuhnya jika ia mengkhianati desa, bukti kesetiaannya ke Konoha. Namun, setelah menjadi jelas bahwa Tsunade masih setia pada Konoha, dan kemudian menerima gelar Hokage, Jiraiya menjabat sebagai penasihat yang paling dipercaya, kepercayaannya, dan ia adalah mata-mata untuk kegiatan Akatsuki dan musuh Konoha.

Jiraiya menyatakan dirinya sebagai si super mesum, dan seorang peneliti, bahkan ia sampai menciptakan Tōton Jutsu, untuk membuat dia tidak tertangkap ketika mengintip wanita telanjang (ia menyebutnya dgn "penelitian", bahkan saat ia masih kecil). Dia tidak pernah menyembunyikan kebiasaan buruknya itu, dan bahkan tampaknya ia bangga akan hal itu, seperti yang terlihat ketika ia mengatakan kepada Hokage Ketiga tentang hal ini ketika ia masih kecil. Meskipun demikian, Jiraiya tidak suka disebut dgn Pertapa Mesum (エロ仙人, Ero-sennin; Indo TV "Pertapa genit") oleh Naruto di depan orang lain.

Sifat buruk Jiraiya ini dapat dimanfaatkan untuk tujuan-tujuan tertentu, seperti yang terlihat ketika Naruto menggunakan Oiroke no Jutsu untuk membujuk jiraiya melatihnya (walaupun jiraiya malah menyuruh naruto terus menggunakannya saat latihan). Ketika dua anggota Akatsuki mencoba untuk mengalihkan perhatian Jiraiya, mereka menggunakan wanita yg terhipnotis untuk membuatnya sibuk. Upaya mereka awalnya berhasil, tapi Jiraiya akhirnya mengetahuinya, karena pada faktanya perempuan tidak biasanya suka padanya. Kebiasaan mengintipnya juga menyebabkan dia cedera hebat pada suatu saat, ketika ia tertangkap memata-matai Tsunade di masa mudanya, tsunade sampai mematahkan kedua lengannya, enam tulang rusuk, dan sejumlah organ rusak sebagai hukuman. Akibat cedera tersebut, Jiraiya sekarang memiliki sedikit rasa takut terhadap mantan rekan satu timnya, dan biasanya berusaha untuk menekan kebiasaan buruknya itu ketika di dekat Tsunade. Meskipun begitu, Jiraiya tetap jatuh cinta dengan Tsunade dan bahkan saat ia meninggal, ia menyesalkan fakta bahwa dia tidak pernah bisa mendapatkan hati tsunade. Beberapa waktu setelah meninggalkan Konoha, Jiraiya menjadi penulis dari novel seri dewasa yg disebut Icha Icha. Novel-novel ini berdasarkan pengalaman pribadinya dalam cinta, ia menceritakan semuanya kembali dengan cara yang kocak. Dalam episode filler anime, Naruto membantu menulis salah satu novel Icha Icha Jiraiya. Buku itu malah menjadi sangat populer. Hal ini menunjukkan bahwa Naruto ternyata mampu menulis pada tingkat yang sama dengan Jiraiya, atau bahwa kemampuan menulis Jiraiya tidak lebih baik daripada seorang anak kecil. Tsunade menduga bahwa yang terakhir itulah yg benar, saat ia menyatakan bahwa ia menulis sebagai seorang anak, disertai dengan ilustrasi krayon mentah, yang ditulis dengan buruk. Popularitas dari seri Icha Icha tampaknya sangat bagus, ini dapat dilihat bahwa Jiraiya ia cukup kaya. Meskipun kaya, Jiraiya malah menggunakan uang naruto ketika ingin sake dan perempuan. Saat mentraktir naruto, Jiraiya sering menghilang ketika Naruto berusaha untuk membuat dia membayar.



**ket gambar: Jiraiya berpose.

Jiraiya juga dikenal suka pamer, bahkan saat pertempuran. Ia selalu memamerkan kabuki tradisionalnya dan biasanya ditambah pose dengan perkenalan diri yg sok dramatis, sesuai dengan tema pertapa, bahkan ketika ia masih kecil. Dia akan kesal jika posenya terputus karena alasan apapun, dan hal itu sering terjadi. Biasanya ia juga akan memanggil seekor katak dan berpose di atasnya. Meskipun ia biasanya sangat ceria dan bersahabat, Jiraiya bisa sangat serius dalam situasi yg serius, seperti saat bertarung dgn Orochimaru, dan bertarung dgn Pain. Dia juga cukup tanggap, seperti yang ditunjukkan ketika ia menyaksikan Naruto mencoba berjalan di atas permukaan air dangkal; Jiraiya cepat membedakan bahwa ada sesuatu dalam Naruto yang mengganggu sirkulasi chakra di tubuhnya.

Meskipun perilaku eksentrik Jiraiya dan kecakapan sebagai shinobi, dia sangat percaya pada akan adanya perdamaian; harapannya adalah suatu hari kebencian yang ada di dunia ninja akan hilang. Jiraiya juga percaya pada generasi berikutnya, dan melihat mereka sebagai jawaban atas kebencian ini.

[Penampilan]


**ket gambar: Penampilan Jiraiya.

Jiraiya adalah seorang pria tinggi dengan, rambut putih runcing panjang sepinggang, biasanya rambutnya diikat ekor kuda, dengan dua poni sebahu yang membingkai di kedua sisi wajahnya. Dia juga memiliki garis merah yang mengalir turun dari matanya dan ia juga mengenakan pelindung dahi bertanduk dengan kanji 'minyak' (?, abura), yang menunjukkan ia berasal dari Gunung Myoboku. Dia juga memiliki kutil di sisi kanan hidungnya. Jiraiya mengenakan kimono kemeja hijau dan celana pendek; dia juga memakai baju besi mesh yang lengan dan kaki nya keluar darinya. Pakaian-Nya dilengkapi dengan pelindung tangan, sabuk hitam sederhana, geta tradisional Jepang (sandal kayu), serta sebuah haori merah dengan dua lingkaran kuning sederhana di setiap sisi, dan ia membawa sebuah gulungan di punggungnya. Dia juga memiliki tato di telapak tangan kirinya yang menyerupai salah satu milik Gama.

Jiraiya juga terlihat memakai pakaian kaos konoha yg berbeda. Saat kecil, ia mengenakan jubah abu-abu pucat dengan desain api merah di tepinya, dengan pita hijau menunjukkan desain emas meringkuk terikat busur longgar di pinggang. Di masa kecil, panjang garis merah yang mengalir di matanya diperluas ke lebih dari setengah wajahnya. Di bawahnya, ia mengenakan baju jala hitam standar dengan lapisan merah, dan mengenakan celana hitam yang lebih ketat di sekitar pergelangan kaki serta sandal hitam. Saat Perang Dunia Shinobi Kedua, ketika melawan Hanzo, ia mengenakan pakaian abu-abu dengan baju besi logam. Dia juga ditunjukkan mengenakan apa yang tampak seperti jas katak dari karet ketika ia melatih Ame Orphans.

[Kemampuan]

Merupakan salah satu dari tiga Sannin legendaris, Jiraiya adalah seorang ninja yang sangat kuat, bahkan ia sudah setingkat Kage dan pada awalnya ia dipilih untuk posisi Hokage Kelima oleh Dewan Konoha, meskipun ia malah menolaknya. Dia menyatakan bahwa dia hanya dua kali berada di ambang kematian dalam pertarungan saat ia hidup, sekali ketika ia melakukan "penelitian" pada tubuh Tsunade, (ia akhirnya dipukuli dan cedera sangat parah karena perilaku tak senonoh ini), dan kedua ketika dia menggunakan kunci kodok untuk melemahkan segel Kyuubi di perut Naruto dan menghasilkan bentuk empat ekor Naruto (ia terluka parah saat ini).

Kekuatannya begitu besar sehingga anggota Akatsuki yg kuat dengan mudah dikalahkan seperti Konan, Itachi Uchiha dan Kisame Hoshigaki bahkan memilih kabur daripada menghadapinya. Kisame bahkan menyatakan bahwa ia tidak cocok melawan Jiraiya dgn mengatakan ia "pada tingkat yang lain secara keseluruhan". Itachi menyatakan bahwa bahkan jika mereka menyatukan kekuatan, hasilnya takkan berubah. Minato Namikaze juga mengakui kekuatan, keterampilan, dan pola pikir gurunya itu. Bahkan Nagato, mantan murid-nya, hampir dikalahkan meskipun dapat mengalahkan dan membunuh Jiraiya, menyebabkan lawan yang lebih muda mengagumi kemampuan Jiraiya, ia bahkan menyatakan bahwa ia tidak bisa mengalahkan Jiraiya jika ia mengetahui sebelumnya mengenai rahasia Pain.

Sementara ia memiliki pengetahuan dasar tentang bagaimana mengenali dan menangkal genjutsu, dia tidak terampil menggunakannya dan bergantung pada partnernya untuk menggunakan ilusi.

*Ninjutsu



**ket gambar: Jiraiya menggunakan teknik Hari Jizō.

Jiraiya berpengalaman dalam berbagai jenis ninjutsu. Dia bisa menumbuhkan dan mempertajam rambutnya untuk tujuan menyerang dan mempertahankan diri. Jiraiya juga diajarkan bagaimana menggunakan Rasengan oleh Minato, dan ia telah mengembangkan varian yang lebih besar. Dalam hal ninjutsu elemental, jiraiya memiliki beberapa jenis elemen. Dia bisa menggunakan elemen tanah untuk menciptakan rawa untuk melumpuhkan lawannya dan elemen api untuk melepaskan tembakan api yg besar. Dia juga memiliki pengetahuan yg cukup untuk mengajari Yahiko dan Nagato bagaimana memanipulasi sifat chakra mereka.

Jiraiya sering digambarkan sebagai seorang perfeksionis. Dia memiliki kemampuan untuk berimprovisasi atau memperluas batasan dari suatu teknik ke titik di mana bahkan teknik tingkat akademi atau rank-E bisa membuatnya menjadi lawan yg sangat tangguh. Toton no jutsu, yg awalnya ia ciptakan untuk membantu dia memata-matai wanita, akhirnya terbukti sangat berguna dalam memata2i dan pengintaian.

Selain dari kemampuan bertarung, Jiraiya sangat mahir dengan teknik berbasis penghalang. Contohnya, Kekkai: Tengai Hōjin, yang memungkinkan dia untuk mendeteksi semua gerakan dalam radius serangan yg cukup luas, dan Kekkai: Gama Hyōrō, yang membuatnya bisa menjebak musuh di dalam perut seekor katak kecil.

*Teknik Katak



**ket gambar: Gamadaira — Kageayatsuri no Jutsu Jiraiya.

Jiraiya dikenal sebagai "Gama Sennin", karena kemampuan dgn kataknya, serta sejumlah tekniknya yg terkait dgn katak. Biasanya dia akan memanggil seekor katak untuk membantunya. Dia juga memiliki kemampuan yg memungkinkan dia untuk memanggil Gamabunta. Dia bahkan bisa memanggil Perut Katak yg bahkan hampir tidak bisa dihancurkan, dengan Kuchiyose: Gamaguchi Shibari. Setelah teknik ini digunakan untuk menutupi daerahnya, Jiraiya bisa mengendalikannya sesuka hatinya, dan menggunakannya untuk menjebak lawan. Karena pelatihan dengan katak, dia bahkan mendapatkan kemampuan untuk memuntahkan minyak dari mulutnya.

Untuk memata-matai dan menyusup, Jiraiya memiliki Gamadaira — Kageayatsuri no Jutsu, yang memungkinkan dia untuk menyembunyikan dirinya dalam bayangan, dan bahkan menempel pada bayangan ninja lain untuk mengendalikan mereka. Dia juga memiliki Gamagakure no Jutsu, di mana ia dapat bersembunyi di perut seekor katak kecil, yang bisa masuk pada daerah yang paling tidak terdeteksi. Kakashi mengatakan bahwa Jiraiya adalah spesialis menyusup dan memata-matai.

*Fuinjutsu



**ket gambar: Fūka Hōin Jiraiya.

Jiraiya telah terbukti sangat mengenal Fuinjutsu, dan telah menggunakan beberapa teknik segel. Ketika pertemuan pertama dgn naruto, ia dengan cepat menyimpulkan bahwa segel di perut Naruto, adalah segel kyuubi, ia juga dapat membuat chakra kyuubi untuk bergaul dengan chakra naruto sendiri. Jiraiya dengan mudah mengerti bahwa orochimaru menggunakan Gogyō Fūin pada naruto untuk menganggu sirkulasi chakra naruto dan jiraiya dapat menggunakan Gogyō Kaiin untuk menghilangkan segel buatan orochimaru.

Dia kemudian membuat sebuah metode untuk menekan kyuubi pada naruto dgn Segel Penekan Chakra, yang dapat diaktifkan hanya dengan kontak pada tubuh Naruto. Selain itu, ia dapat menggunakan Fūka Hōin untuk menyegel Amaterasu Itachi dalam sebuah gulungan untuk diteliti suatu saat.

*Taijutsu


**ket gambar: Jiraiya menendang Ningendo.

Walau tak menjadi metode bertarung favoritnya, Jiraiya sangat mahir dengan taijutsu, bahkan ia mampu menghentikan beberapa anjing pain yang memisahkan diri hanya menggunakan kakinya. Mode Sennin juga meningkatkan kekuatannya ke titik dimana ia mampu menghancurkan mata ningendo dan melemparnya beberapa meter hanya dengan menendang wajahnya. Kekuatan ini, mungkin setara dgn milik tsunade. Dalam anime, ia bahkan ikut campur dalam pertarungan gamabunta kecil yg lebih besar darinya bertarung dgn seekor ular, jiraiya dapat melempar ular itu dgn mudah. Dalam Mode Sennin kecepatannya meningkat ke titik dimana ia bisa melompat turun dari sudut pandang yang tinggi dan membuat serangan, bahkan sebelum sandalnya yg jatuh sebelum dia melompat mencapai tanah.

*Senjutsu


**ket gambar: Jiraiya dalam Mode Sennin.

Seperti Naruto, Jiraiya secara alami memiliki jumlah chakra yang sangat besar dan stamina tinggi. Hal ini memungkinkan dia untuk menggunakan kemampuan untuk masuk ke mode sennin, sebuah transformasi yang memungkinkan dia untuk menggunakan energi alam untuk meningkatkan semua kemampuannya. Sebelum masuk Mode Sennin, Jiraiya akan memanggil pasangan katak tua Shima dan Fukasaku yg langsung bergabung ke tubuhnya. Selain menjaga energi alam Jiraiya saat dia bertarung, mereka membantu jiraiya dgn kemampuan mereka sendiri untuk membantunya dalam pertempuran. Mode Sennin sangat meningkatkan kekuatan fisik Jiraiya, seperti yang ditunjukkan oleh kemampuannya untuk mengalahkan kuchiyose terbang Pain dan menggunakan kolaborasi yang sangat kuat yaitu ninjutsu Teknik Sennin: Goemon. Dalam mode ini memungkinkan Jiraiya untuk menggunakan versi yg lebih kuat dari teknik yang lain. Contohnya ia dapat menggunakan Choodama Rasengan, sebuah versi besar dari Rasengan yg bahkan lebih besar dari tubuhnya sendiri. Jiraiya tidak mahir dalam genjutsu, ia mengandalkan Shima dan Fukasaku untuk membantunya dalam jenis ini. Jiraiya tidak suka Mode Sennin karena memberinya penampilan yang lebih mirip kodok, dengan tanda lagi sepanjang sisi wajahnya, janggut mirip kambing, hidung yang lebih besar dengan kutil, dan tangan dan kaki yang berselaput, yang semuanya membuat dia tidak menarik untuk seorang wanita. Hal ini menyebabkan Jiraiya tidak memiliki penguasaan penuh atas teknik ini.

*Kecerdasan

Walaupun ia biasanya terlihat konyol, Jiraiya telah berulang kali menunjukkan dirinya sebagai orang yg cerdas. Dia sangat mahir di berbagai teknik, dapat dengan cepat mengenali dan cara menghadapi suatu teknik. Ia juga menunjukkan sebagai guru yg hebat, bahkan Itachi mengakui pertumbuhan Naruto di bawah bimbingan Jiraiya selama tiga tahun. Jiraiya juga sangat terampil dalam pengumpulan informasi, terbukti ia mendapat informasi dari akatsuki.

[Statistik]

Databook III

- Ninjutsu 5
- Taijutsu 4,5
- Genjutsu 3
- Kecerdasan 4,5
- Kekuatan 4,5
- Kecepatan 4,5
- Stamina 5
- Segel Tangan 4,5
- Jumlah 35,5

[Bagian I]

*Arc Ujian Chunin Arc

Di arc inilah ia pertama kali bertemu naruto saat ia "meneliti" di pemandian air panas konoha. Ia akhirnya melatih naruto teknik kuchiyose dan sedikit menggunakan chakra kyuubi.

*Arc Invasi Konoha

Saat invasi ia memanggil gamahiro untuk menghentikan ular orochimaru. Namun saat pemakaman hokage ketiga ia memutuskan tak hadir.

*Arc Mencari Tsunade



**ket gambar: Jiraiya vs Orochimaru.

Setelah hokage ketiga meninggal ia diminta menjadi hokage tapi menolak dan menawarkan tsunade. Jiraiya dan Naruto pun mencari tsunade. Di perjalanan mereka harus diusik kisame dan itachi, setelah dapat mengusir mereka perjalanan dilanjutkan. Di sela perjalanan jiraiya mengajarkan naruto Rasengan. Setelah bertemu tsunade, pertarungan dgn orochimaru pun tak terelakan. Setelah pertarungan berakhir mereka kembali ke konoha dan tsunade menjadi hokage kelima.

*Arc Pengejaran Sasuke

Setelah naruto gagal membawa sasuke kembali, ia menyuruh naruto menyerah. Namun naruto tak mau, jiraiya pun memutuskan mengajak naruto berkelana untuk berlatih selama dua tahun setengah.

*Arc-Arc Filler Pra-Shippuden

Jiraiya muncul dalam beberapa episode dan merupakan karakter utama di Arc Negara Sawah, di mana ia melakukan perjalanan dengan Naruto dan Sakura untuk mencari tempat persembunyian Orochimaru. Ketiganya tidak dapat menemukan Sasuke, tapi berhasil membebaskan klan Fuma dari kontrol Orochimaru. Dia kemudian muncul di Filler Mr Postman!, Dan hadir di Keberangkatan untuk mengambil Naruto pergi latihan.

[Bagian II]



**ket gambar: Bekas luka Jiraiya dari bentuk empat ekor Naruto.

Setelah kembali ke konoha dgn naruto ia pergi lagi untuk mencari informasi mengenai akatsuki. Ia kembali lagi untuk memperingatkan tentang bentuk empat ekor naruto yg berbahaya pada kakashi dan yamato.

*Arc Sanbi

Jiraiya muncul dalam arc filler ini.

*Arc Perburuan Itachi



**ket gambar: Jiraiya dan gulungan kunci segel Kyuubi.

Pada arc ini ia mengetahui tempat persembunyian ketua akatsuki yaitu di amegakure. Ia memutuskan untuk menyusup walau tsunade melarangnya. Tak berapa lama setelah menyusup ternyata Konan menemukannya. Ia berhasil mengalahkannya dan pain chikusodo datang. Pertarungan sengit hingga ia melawan 3 pain dgn mode sennin. Ia pun dapat mengalahkan mereka dgn bantuan fukasaku dan shima. Tak disangka 3 pain muncul dan ia diserang. Ia pun harus menghadapi 6 pain, jiraiya pun tewas dalam pertarungan ini walau sudah mengerti rahasia pain.



**ket gambar: Jiraiya terluka parah oleh Pain.




**ket gambar: Jiraiya sekarat sambil tersenyum.

Di akhir hayatnya ia merenungi hidupnya yg selalu gagal, gagal melindungi guru dan muridnya, gagal mendapat hati tsunade dan gagal yg lain. Ia juga ingat ketika nama naruto digunakan sebagai nama anak minato. Dan ia tersenyum dgn membayangkan buku terakhirnya mungkin akan ia beri nama "kisah naruto uzumaki".

*Arc Sejarah Konoha

Jiraiya muncul dalam salah satu flash back di arc ini.

[Peninggalan]



**ket gambar: Memorial untuk Jiraiya.

Meskipun busur berikutnya dimainkan setelah kematiannya, Jiraiya masih memiliki dampak yang besar pada peristiwa yang terjadi selama itu. Dari pesan yg ia tinggalkan di punggung Fukasaku yaitu "yang asli tidak di antara mereka" membuat konoha lebih mudah mengalahkan pain terutama untuk naruto.

Keyakinannya akan perdamaian yg telah membuat naruto memang terhadap pain membuat sebuah batu memorial dibangun di hutan dekat konoha dgn kanji berarti 'guru' (師, shi) diatasnya

Novel pertama Jiraiya tentang Kisah Shinobi Pemberani, dan bunga harapan telah diberikan kepada Naruto oleh Konan sebagai tanda kepercayaannya pada naruto.

Kabuto mencoba mencari tubuh Jiraiya untuk mengumpulkan sampel DNA, yang dapat digunakan untuk menghidupkan kembali dia dgn kuchiyose: edo tensei, tapi mayatnya terletak terlalu dalam di laut dan mungkin telah hancur oleh tekanan laut.

[Movie]

*Naruto Movie: Ninja Clash in the Land of Snow

Jiraiya memiliki penampilan singkat di flash back saat Naruto sedang berpikir tentang teman-temannya.

*Naruto Shippuden 2: Bond

Sebagian besar penampilan Jiraiya dalam movie ini lebih ke tersirat daripada benar-benar muncul.

*Naruto Shippuden 3: Inheritors Will of Fire

Dia muncul tak terlalu kami di movie ini, saat ia ngobrol dgn gaara dan yg lain.

*Naruto Shippuden 4: The Lost Tower

Jiraiya hanya muncul menunjukan Rasengannya pada minato.

[Video Game]

Jiraiya adalah karakter yang dapat dimainkan dalam video game berikut:

- Ultimate Star Jump
- Naruto RPG 2: Chidori vs Rasengan
- Naruto Shippuden: Clash of Ninja Revolution 3
- Naruto Shippuden: Dragon Blade Chronicles
- Naruto Shippuden: Ninja Taisen Gekito! EX 2
- Naruto Shippuden: Ninja Taisen Gekito! EX 3
- Naruto Shippuden: Ninja Taisen Gekito! Special
- Naruto Shippuden: Naruto vs Sasuke
- Naruto Shippuden: Ninja Council
- Naruto Shippuden: Ninja Destiny 2
- Naruto Shippuden: Shinobi Retsuden 3
- Naruto Shippuden: Shinobi Rumble
- Naruto Shippuden: Ultimate Ninja 4
- Naruto Shippuden: Ultimate Ninja 5
- Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Heroes 3
- Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Impact
- Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 2
- Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm Generations
- Naruto: Clash of Ninja Revolution
- Naruto: Clash of Ninja Revolution 2
- Naruto: Ninja Taisen Gekito! 3
- Naruto: Ninja Taisen Gekito! 4
- Naruto: Ninja Council 3
- Naruto: Ninja Destiny
- Naruto: Path of the Ninja
- Naruto: Path of the Ninja 2
- Naruto: Rise of Ninja
- Naruto: Broken Bond
- Naruto: Ultimate Ninja 2
- Naruto: Ultimate Ninja 3
- Naruto: Ultimate Ninja Heroes
- Naruto: Ultimate Ninja Heroes 2: The Phantom Fortress
- Naruto: Ultimate Ninja Storm

[Penciptaan dan Konsepsi]

Jiraiya dinamai dgn nama yang sama dari cerita rakyat Jepang "Kisah tentang Jiraiya Si Pemberani" (児雷也豪傑物語, Jiraiya Goketsu Monogatari). Jiraiya dalam cerita ini sangat berbeda dgn yg ada di manga naruto dalam hal kepribadian dan hubungan, namun sama dalam hal memanggil katak raksasa (katak itu sendiri terkadang disebut "Jiraiya") dan sihir kodok. Dalam cerita itu, Jiraiya dan Tsunade adalah sepasang suami istri. namanya ditulis dgn "児雷也" yang berarti "Petir Muda", yang pada untuknya berasal dari nama Garaiya (我来也; Secara harfiah berarti "Aku datang") dari Kaishi cerita Cina (諧史). Sebagai karakter yg akan mati, dia membuat referensi ke cerita.

Masashi Kishimoto awalnya merencanakan jiraiya dgn desain unik yg unik dan berbeda, dan dengan gaya yang berbeda. Dia juga awalnya ingin membuat Jiraiya memanggil katak dengan ukuran mirip dengan manusia. Namun, ide ini dianggap gagal. Saat wawancara, ia berkomentar bahwa, dari hubungan guru-murid di Naruto, Jiraiya dan Naruto adalah yang paling dia suka.

[Trivia]

- Jiraiya punya golongan darah yang sama dengan mantan rekan satu tim-nya, Tsunade dan Orochimaru, serta para muridnya, Naruto Uzumaki dan Minato Namikaze.
- Dalam episode khusus, Pertempuran ninja Top 5!, Jiraiya dimaksudkan untuk memiliki sebuah wawancara, tetapi Orochimaru muncul di sampingnya sebagai gantinya.
- Meskipun tidak ada sumber dari masashi kishimoto mengenai rank dia, di anime, dia dianggap sebagai Jonin.
- Menurut Databook Naruto:
¤ Hobi Jiraiya adalah menyelinap dan mengintip Tempat Mandi Perempuan.
¤ Jiraiya ingin melawan Naruto Uzumaki.
¤ Makanan favoritnya adalah acar bawang putih dengan kemangi Jepang dan karaage-ayam goreng, sementara itu yg tidak ia suka adalah buah Kiwi dan gratin.
¤ Jiraiya menyelesaikan 1.839 misi resmi dgn total: 58 rank-D, 345 rank-C, 684 rank-B, 614 rank-A, 138 rank-S. Dengan ini dia memiliki penyelesaian misi paling banyak dari semua karakter dalam seri Naruto.
¤ Frase favorit Jiraiya adalah "bebas dan tanpa hambatan" (自由奔放, Jiyu Honpo).
- Jiraiya dan Itachi Uchiha memiliki total statistik tertinggi di databook.
- Kata-kata terakhir Jiraiya didasarkan dari sebuah pepatah Jepang "I no naka no Kawazu taikai o shirazu" yang diterjemahkan secara harfiah menjadi "katak juga tidak tahu samudera raya".

[Kutipan Favorit]

*(Untuk Tsunade)

"Yo aku! Jiraiya! Kau dapat mengirimi aku surat cinta nanti!"

*(Untuk Naruto)

"Aku bukan mesum... aku orang super aneh!"

*(Untuk Naruto)

"Orang-orang mengatakan di mana pun seseorang masih berpikir tentang suatu tempat, tempat itu adalah rumahmu."

*(Untuk Nagato)

"Ketika orang terluka, mereka belajar membenci... ketika orang menyakiti orang lain, mereka menjadi dibenci dan tersiksa dengan rasa bersalah. Tetapi mengetahui rasa sakit lah yang memungkinkan orang untuk bersikap baik.. Rasa sakit memungkinkan orang untuk tumbuh... dan bagaimana kau tumbuh itu terserah kepadamu."

*(Untuk Naruto)

"Bahkan aku bisa mengatakan kebencian yang menyebar Aku ingin melakukan sesuatu tentang hal itu .... Tapi aku tak tahu apa ... tapi aku percaya ... bahwa suatu hari nanti akan tiba ketika setiap orang benar-benar saling memahami! Jika aku tidak dapat menemukan jawabannya, itu tugasmu untuk melakukannya!"

*(Untuk Orochimaru)

"Kau salah, bukan itu yang menjadikan seorang shinobi. Kau tak pernah mendapatkannya, seorang ninja sejati adalah orang yang bertahan tidak peduli apa yang akan dilemparkan ke arahnya ... Mari ku jelaskan sesuatu untukmu, hanya ada satu hal yang penting jika kau shinobi, dan itu bukan jumlah teknik yang Anda miliki. Yang kau Butuhkan, adalah keberanian untuk tidak pernah menyerah".

*(Untuk Orochimaru tentang Sasuke)

"Karena itu tidak menyenangkan untuk melatih yg jenius!"

"Ukuran sejati dari shinobi bukan bagaimana dia hidup, tapi bagaimana ia meninggal."

*(Untuk Tsunade)

"Sekarang pekerjaanku adalah untuk membantu generasi berikutnya, dan memberi contoh baik bagi mereka Dan untuk itu aku dengan senang hati akan memberikan nyawa-Ku., Dan aku akan tersenyum sepanjang waktu. Itu yang membuat kita sebagai laki-laki tua yg keren, kau lihat. "

*(Untuk Naruto)

"Jangan pernah menarik kembali kata-katamu... dan tak pernah menyerah Itulah cara ninja.... Dan sebagai gurumu... Aku punya pekerjaan untuk membuatmu tidak merengek! Karena ... cara ninja murid harus seperti gurunya! Bukankah benar, Naruto?"

*(Untuk Naruto)

"Ku pikir kita semua harus mengakuimu Gamatatsu, Gamakichi, Sakura, Tsunade .... Dan semuanya ... kita semua mengakuimu telah berusaha sangat keras. Tapi aku ingin tahu apa yang mendorongmu maju."

*(Kata terakhir)

"Ukuran sejati dari shinobi bukan bagaimana dia hidup tapi bagaimana ia mati. Ini bukan mengenai apa yang mereka lakukan dalam hidup. Tapi apa yang mereka lakukan sebelum meninggal yang membuktikan nilai mereka. Berpikir tentang semua itu, hidupku penuh dgn kegagalan. Tsunade selalu menolakku, aku tak bisa menyelamatkan temanku, aku gagal melindungi muridku... dan guruku. Dibandingkan dengan Hokage yang ada sebelumku. prestasiku semuanya telah kecil dan tidak signifikan. aku ingin mati seperti mereka ... "

*(Kata terakhir)

"Ada, yang berakhir ... adalah sedikit lebih baik. Katak di dasar sumur terhanyut ke laut besar Heh heh ... yep .... Cukup terhormat ... sial, cukup terhormat ... Aku kira sudah waktunya untuk meletakkan penaku. Hak ... Aku perlu judul untuk buku berikutnya ... coba lihat ... Ah, aku mengerti ... "Kisah Uzumaki Naruto" ... Sangat sempurna".



S : Narudemi
TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA ARTIKEL SAYA
Judul: Profil Legenda Sennin (Jiraiya Sensei)
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://blog-madesu.blogspot.com/2013/02/profil-legenda-sennin-jiraiya-sensei.html. Terimakasih banyak

2 komentar:

Unknown mengatakan...

bro sennin itu bukan jiraya. kalo jiraya cuma sannin. kalo sennin julukan untuk rikudou sennin bro.

Unknown mengatakan...

Senin itu petapa

Posting Komentar